Selasa, 17 September 2013

Kesan-kesan sebagai Mahasiswa Baru UNY 2013...

(Foto menyusul)

Setelah menelantarkan blog yang awalnya ingin kupergunakan sebagai catatan dan data dari hal-hal menarik yang telah kupelajari sekitar satu setengah bulan, sekarang sedikit waktu luang sudah terbuka. Walaupun masih banyak tugas laporan menumpuk, dan ada yang belum kuselesaikan sama sekali, padahal besok sudah dikumpulkan. Namun tetap kucoba untuk menyempatkan diri menulis post ini. Kali ini aku ingin bercerita mengenai perasaan dan kesan sebagai MaBa Fakultas Teknik UNY.

Sebelum OSPEK, ada hal-hal yang harus dilakukan. Tes kesehatan, registrasi manual, registrasi online, juga pembayaran UKT pertama via bank. Sudah sedikit lupa, tapi di saat-saat itulah aku bertemu teman sekelas untuk pertama kali nya, yakni inisial I dan inisial W. Tepatnya pada waktu tes kesehatan. Nah, setelah acara-acara tersebut, ada juga temu perdana mahasiswa baru FT. Disana kelompok OSPEK dibentuk. Aku mendapat kelompok PLC, dan tim KH. Mas Mansur. Disana aku bertemu teman baru, berkenalan dengan mereka. Mayoritas mereka baik hati, walaupun ada juga yang kurang baik hati (nanti diceritakan).

Setelah itu, aku sedikit lupa, tapi kayaknya TM OSPEK. Lalu tim kami pun mulai membuat Co-Card (yang bentuknya gak seperti co-card, tapi seperti kalung kebesaran yang warna-warni berbentuk rajawali, maskot FT Jawara--rajawali dari utara.) dan topi (bentuk topi pahlawan kemerdekaan). Pada pembuatan co-card dan topi, banyak kebingungan melanda kami. Awal-awalnya bingung mau bagaimana, seperti apa, bahan-bahannya gimana. Tapi teman satu tim banyak yang sudah pengalaman dan sangat mandiri, independen sehingga teman-teman yang masih bingung begitu banyak terbantu, termasuk aku sendiri.



Lalu disana dibagikan buku mahasiswa baru FT, yang diwajibkan untuk di isi minimal 50 orang teman baru (nama, prodi, dan facebook/twitter). Saat bekerja membuat co-card dan topi (yang seringkali lembur, walaupun yang wanita hanya satu-dua, yang paling berjasa yakni si V), kami saling nyambi mengisi buku mahasiswa baru FT juga. Saat kami bekerja beberapa wanita dari tim kami malah mengobrol (nggosip?) dan cekikik'an, walaupun juga banyak yang serius. Walaupun mereka juga bekerja. Sedangkan yang laki-laki yang bekerja serius, diselingi beberapa obrolan. Walau banyak juga yang mungkin bingung dan tidak ber-inisiatif untuk bekerja, sehingga diam saja dan tidak mencoba mencari pekerjaan yang mungkin bisa dilakukan.

Nah, diselingi curhat, saat ada jeda (karena bahan kurang, lalu beberapa teman keluar membeli), kami pun banyak yang saling mengisi buku mahasiswa baru FT. Nah, saat menuju para gadis (heleh), aku malah di suruh antri mengisi banyak buku sedangkan buku ku tidak di isi. Aku pun mengisi buku mereka dengan tulisan dokter dan mereka pun sebagian mengisi bukuku. Nah, sedangkan yang paling omong-doang, koar-koar, ketawa keras, dan muka ibu-rumah-tangga-kesepian-nggosipan, sama sekali tidak mengisi bukuku. Aku pikir, ya sudah lah, walaupun tidak menepati omongannya sendiri tetapi aku sudah memegang kata-kataku, pasti ada sisi baiknya untukku, walaupun saat itu juga aku berpikir bahwa aku tak kan pernah suka dengan orang seperti itu, dan kalaupun di dunia ini tidak ada wanita kecuali dia aku tidak akan mau bersamanya.

OSPEK universitas pada hari pertama dan kedua pun berlangsung, di GOR UNY, dan suasananya asyik sekali. Tiap fakultas mencoba untuk yel-yel sekeras mungkin. Rame, seru, asyik dan benar-benar suasananya gila. Tak bisa kukatakan lebih (karena saking asyiknya), lanjut ke OSPEK fakultas. Disini suasananya biasa-biasa saja,  namun pada hari terakhir paling asyik karena sudah lebih longgar. Di akhir PK pun berdamai dengan panitia dan mahasiswa baru. Dan foto-foto bersama si jawara dan teman-teman! :D Sayang tidak membawa kamera digital, dan hp hanya bisa memotret sebagian kecil foto karena baterai habis. Namun bisa foto-foto dengan hp dan kamera teman-teman juga pemandu. Yang terakhir OSPEK jurusan, aku terkena hukuman karena tidak memakai dasi dan tidak membawa sajadah. Sangat mengesalkan tapi aku berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut. Sewaktu pulang pipi kanan dan kiri diberi CAP himanika :D

Setelah OSPEK ada acara skala universitas yang suaaangaaaaaaaaaat jelassssss maksudnya yaitu ESQ. Disana aku banyak tidurnya, karena bosan, capek dan yang paling jelas benar-benar bosan. Lalu di jurusan ada makrab SHIBERNIKA, aku gak begitu suka karena disana cuma dapet sakit dan capek, lunglai, walaupun mendapat teman-teman baru lagi, dan lebih akrab. Disana saat jilid malam pun aku tidak ikut (di tenda P3K karena menggigil hebat). Sebelum Jilid malam hanya diberi waktu sekitar satu jam untuk tidur dan dibangunkan secara tiba-tiba. Banyak salah mengambil tas dan sebagainya. Rasanya aku mau ************ para panitia yang sok. Tapi alhamdulillah sudah selesai.

Saat perkuliahan sudah memasuki minggu ke tiga. Sungguh melelahkan karena tugas skalanya cukup besar dibandingkan saat SMA. Juga praktiknya sedikit kesusahan karena masih belum mengenal hal-hal berkaitan dengan materi, seperti CRO (cathode rays oscilloscope), project-board, dan pemasangan rangkaian. Namun alhamdulillah karena ada teman yang baik hati dan bersedia membantu. Yang jelas capek walaupun bersama teman sekelas yang bernasib sama sehingga cukup menyenangkan.

:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar